Tips Mengatur Keuangan Saat Pandemi Covid-19

Dampak corona yang memukul sektor ekonomi membuat semua pihak harus mengencangkan ikat pinggang. Perusahaan pun tidak sedikit yang merumahkan karyawannya bahkan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja.

Kondisi finansial yang sehat sangat dibutuhkan terutama bagi yang terdampak Covid – 19.  Wabah Covid – 19 tentu membuat kita harus pintar mengatur keuangan.

Beberapa tips mengatur keuangan ditengah pandemi Covid-19, diantaranya :

  • Melakukan prioritas keuangan

Hal ini penting agar alokasi dana  tidak dihamburkan untuk hal yang tidak mungkin, sehingga dapat merugikan  pada kondisi yang tidak pasti ini. Kadang kalau kita membelanjakan uang tanpa prioritas, malah justru yang menjadi prioritas akan terabaikan. Prioritas  adalah hal-hal yang wajib seperti belanja kebutuhan pokok, membayar listrik, membayar BPJS Kesehatan.

  • Hindari pengeluaran tetap berbiaya tinggi

Dengan menghindari pengeluaran tetap berbiaya tinggi tentunya akan membantu dalam menghemat anggaran. Misalkan langganan TV kabel dengan biaya besar yang pada dasarnya tidak merupakan kebutuhan pokok. Berusahalah untuk menekan pengeluaran, apalagi jika dirasa hal tersebut tidak diperlukan. Namun jika memang hal tersebut diperlukan bagi yang menjalankan WFH maka prioritaskanlah kebutuhan kerja anda. Terutama bagi yang bekerja dengan kebutuhan internet tinggi.

  • Jangan mudah terjebak dengan promosi

Saat ini banyak sekali promo yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan, banyak penjual yang memberikan promo sebagai upaya agar hasil penjualan meningkat. Namn jangan mudah tergoda dengan program promo jika promo ini pada akhrinya akan merugikan. Sah-sah saja jika kita menggunakan harga promo karena mempunyai kebutuhan yang penting.

Kalau promo yang digunakan tidak penting seperti promo gadget, ini seharusnya tidak dilakukan sebagi sebuah kesempatan. Bijaklah dalam menyikapi promo tersebut.

  • Hindari mengambil dana darurat

Menghindari penggunaan dana darurat penting untuk dilakukan, saat kondisi pandemic , maka siapkan dana darurat minimal 3 sampai 6 bulan kedepan. Ini penting pada situasi tidak pasti saat ini, dan kemungkinan pendapatan terhenti terbuka lebar.

  • Mencari sumber pendapatan baru

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mencari sumber pendapatan baru. Manfaatkan kebtuha saat ini untuk menghasilkan uang.Misalkan dengan menjual masker buatan sendiri secara online.

Salah satu cara bertahan hidup adalah memanfaatkan peluang yang ada dan memastikan mempunyai mode untuk bertahan di situasi buruk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *