Tips Berkendara Sepeda Motor Saat Pandemi Covid-19

Covid-19 merupakan virus yang menular melalui mulut, mata, hidung atau permukaan lainnya yang memiliki selaput lendir. Coronavirus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia).

Virus Corona yang menyebabkan COVID-19 bisa menyerang siapa saja. Menurut data yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Republik Indonesia, jumlah kasus terkonfirmasi positif hingga 24 Juni 2020 adalah 47.896 orang dengan jumlah kematian 2.535 orang. Tingkat kematian (case fatality rate) akibat COVID-19 adalah sekitar 5,4%.

Lalu, bagaimana nasib para pengendara motor yang hampir setiap saat berinteraksi dengan ketiga panca indra tersebut? Yuk, simak informasi bermanfaat cara mencegah virus corona bagi pengendara motor berikut ini!

1. Menjaga daya tahan tubuh

Hal pertama yang tekankan bagi para riders adalah jangan lupa memasok tubuh dengan berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk mencegah COVID-19.

Hingga saat ini, tidak ada vaksin atau pengobatan pasti yang dapat mencegah COVID-19 dari menginvasi tubuh manusia. Akan tetapi, tubuh manusia pun juga tidak boleh dianggap remeh!

Jika kekebalan tubuh terjaga, maka tidak akan tertular. Apalagi, jika gejala COVID-19 yang dialami bersifat ringan atau “mild“, maka biar daya tahan tubuh yang memeranginya.

2. Jangan remehkan khasiat jamu

Informasi menarik, vitamin dan mineral alami lebih disarankan daripada obat-obatan. Selain sayur dan buah untuk asupan vitamin C, konsumsi racikan bahan-bahan alami amat disarankan.

Maksudnya? Ya, tidak lain, tidak bukan, minuman tradisional khas Indonesia, “JAMU”. Jamu yang terdiri dari bahan-bahan alami tidak memiliki kandungan kimiawi yang membahayakan organ lain seperti obat-obatan.

“Para penjual jamu gendong ataupun sepeda, siap banjir pelanggan?”

Lalu, jamu seperti apa? Lebih baik berbahan dasar yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta memicu produksi antioksidan yang menghadang inflamasi seperti:

  • Temulawak,
  • Kunyit,
  • Jahe,
  • Temu mangga, dan
  • Kayu Manis.

Kalau pak Jokowi saja mau minum jamu biar sehat, masa kamu enggak?

3. Jaga kebersihan diri

Karena penularan dapat terjadi disebabkan oleh “kenakalan” tangan, maka alangkah baiknya bagi para riders untuk menjaga kebersihan diri.

Perlengkapan safety riding amat direkomendasikan. Kenakan helm full-face dan balaclava sehingga wajah dan bagian yang memiliki kelenjar lendir tetap terjaga dari kontaminasi COVID-19.

Walaupun sudah memakai perlengkapan lengkap, tetap usahakan untuk tidak menyentuh hidung, mata, atau mulut agar tidak terkena penyakit. Selain mencegah COVID-19, perlengkapan tersebut mencegah kecelakaan saat berkendara yang merenggut nyawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *