Manfaat Mengenalkan Membaca Kepada Anak Sejak Dini

Gerakan Membaca memberikan banyak manfaat untuk perkembangan otak anak, karena kegiatan tersebut menstimulasi hubungan antara sel saraf dalam otak untuk menghantarkan informasi.

Pemberian stimulasi yang paling efektif dalam usia dini adalah olahraga otak secara ringan.

Mulai dari stimulasi Bahasa seperti baca buku.

Orang tua adalah guru pertama untuk anak anaknya, dengan membacakan sebuah buku cerita akan merangsang ketertarikan pada suara sekaligus melatih kemampuan mendengar.

Banyak manfaat yang akan ayah dan bunda peroleh dengan kebiasaan membacakan buku bagi anak. berikut diantaranya adalah :

Menambah kosakata anak

Melalui membaca, anak akan terbiasa mendengar kosakata baru. Ini akan memperkaya mereka dalam memahami berbagai kata yang ada di sekitar mereka.

Mengenalkan konsep baru

Berbagai konsep dalam kehidupan akan ayah bunda kenalkan melalui membaca. Mulai dari pengenalan berbagai macam warna, bentuk, huruf, angka, benda dan yang lainnya. 

Melatih anak untuk memiliki empati

Dari buku yang ayah bunda bacakan kepada anak, ia akan belajar bermacam macam ekspresi seperti kesedihan, kemarahan, kesenangan dan lain lain.

Hal ini secara tidak langsung dapat membantu mereka belajar untuk memahami perasaan orang lain.

Membangun kemampuan kognitif (berfikir) anak.

Ini termasuk perkembangan rentang atensi (perhatian), ingatan, kemampuan mengunakan kata kata dalam komunikasi , kemampaun memecahkan masalah dan kemampuan bernalarnya. Hal ini juga penting untuk bekalnya bersosialisasi saat beranjak besar.

Mengembangakan imajinasi dan kreativitas

Membacakan tentang keanekaragaman kehidupan dapat membuka pikiran anak. Informasi yang mereka terima dapat membantu mengembangkan sisi kreatif otak, karena anak akan terpancing untuk memiliki rasa ingin tahu yang lebih dan lebih banyak lagi. Ini dapat memotivasi mereka membuat suatu inovasi melalui daya imajinasi dan kreativitasnya.

Anak yang terbiasa dibacakan buku sejak dini, tidak akan merasa kaget untuk belajar saat mereka masuk sekolah. Misalnya,ketika masuk sekolah SD anak akan lebih cepat memahami pelajarannya dan terbiasa mengerjakan tugas sekolahnya. Karena bagi mereka membaca bukanlah hal yang menakutkan melainkan suatu hal yang menyenangkan dan membaca merupakan kebiasaan yang telah manjadi bagian dari dirinya.

Hal sederhana berupa membaca buku disadari atau tidak menjadi salah satu bentuk investasi karena dengan membaca buku dapat membentuk kesiapan anak kita dalam menghadapi kesempatan melalui informasi informasi yang terkandung di dalam nya.

Maka ini lah saat nya kita sebagai orang tua pintar pintar mempersiapkan investasi besar untuk masa depan anak anak kita salah satunya adalah mengenalkan membaca sejak usia dini.

image : tanotofoundation

Tanoto Foundation percaya bahwa stimulasi pada anak usia dini adalah investasi terbesar dalam proses tumbuh kembang anak, salah satunya dengan membangun budaya membaca.

Kepercayaan ini mendorong Tanoto Foundation untuk menggagas gerakan/kampanye #IndonesiaCintaMembaca 

jangan lupa Moms jg bisa ikutan lho kegiatan seru kompetisi sharing Momen baca bersama yang diadakan oleh Tanoto Foundation dan hadiahnya seru banget,Kompetisi berlangsung sampai bulan Desember 2020. Cek highlight #MomenBaca di IG : @tanotoeducation atau untuk informasi lebih lanjut di https://tanotofoundation.org/id/news/kompetisi-momenbacabersama-dapatkan- 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *