Apakah Sumber Daya Manusia (SDM)? ini Penjelasannya!

Dalam dunia kerja, baik institusi maupun perusahaan, sangat mebutuhkan sumber Daya manusia (SDM). SDM atau yang juga dikenal dengan sebutan Human Resources ( H.R ) menjadi penting karena akan memberikan dampak yang signifikan bagi kemajuan perusahaan.Sumber Daya Manusia ( SDM ) dalam perusahaan dapat melahirkan potensi-potensi keuntungan bisnis yang idak pernah terduga. Sebab SDM adalah merupakan kunci yang memastikan kemajuan suatu perusahaan.

Perkembangan terbaru memandang karyawan bukan sebagi sumber daya belaka, melainkan lebih berupa modal atau aset bagi institusi atau organisasi. Kemudian  muncullah  istilah baru di luar  H.R ( Human Resources), yaitu H.C atau Human Capital, dimana SDM dilhat bukan sekedar sebagai aset utama, tetapi aset yang bernilai dan dapat dilipatgandakan, dikembangkan dan juga bukan sebaliknya sebagai beban.

Secara umum pengertian Sumber Daya Manusia (SDM) dapat dibagi menjadi dua yaitu sumber daya manusia secara makro dan sumber daya secara mikro.  Pengertian sember daya secara makro adalah penduduk suatu negara yang sudah memasuki usia angkatan kerja, baik yang belum bekerja maupun yang sudah bekerja, sedangkan pengertian sumber daya secara mikro adalah individu yang bekerja dan menjadi anggota suatu perusahaan atau institusi dan biasa disebut sebagai pegawai, karyawan, buruh dan lain sebagainya.

Pada hakekatnya SDM berupa manusia yang dipekerjakan di sebuah organisasi sebagai pelopor, pemikir serta perencana untuk mencapai tujuan organisasi. Sedangkan secara garis besar pengertian SDM adalah individu yang bekerja sebagai penggerak suatu organisasi baik institusi maupun perusahaan dan berfungsi sebagai aset yang harus dilatih dan dikembangkan kemampuannya.

Pengembangan SDM merupakan usaha yang dilakukan untuk membentuk manusia berkualitas dengan memiliki keterampilan, kemampuan kerja dan loyalitas kerja kepada suatu perusahaan ataupun organisasi. Adapun cara untuk pengembangan SDM antara lain adalah :

  • Pelatihan

Pelatihan bertujuan untuk mengembangkan individu dalam bentuk peningkatan keterampilan, pengetahuan dan sikap.

  • Pendidikan

Pengembangan SDM melalui pendidikan bertujan untuk meningkatkan kemampuan kerja, dalam arti pengembangan bersifat formal dan berkaitan dengan karir.

  • Pembinaan

Pembinaan bertujuan untuk mengatur dan membina manusia sebagai sub sistem organisasi melalui program-program perencanaan dan penilaian seperti job analytic, jib classification, performance appraisal dan lain-lain.

  • Recruitment

Recruitmen bertujuan untuk memperoleh SDM sesuai klasifikasi kebutuhan organisasi dan sebagai salah satu alat organisasi dalam pembaharuan dan engembangan. Dalam pengembangan SDM tidak boleh dilakukan secara sembanrangan karena hal ini menyangkut kualitas SDM untuk sebuah organisasi atau perusahaan.SDM yangberkualitas akan membantu perusahaan untuk dapat lebih berkembang dan mencapai tujuan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *